oleh

Banjir Landa Beberapa Titik Kota Makassar, ACT Sulsel Berikan Bantuan pada Warga

MAKASSAR, TapakNews — Hujan deras selama sepekan terakhir melanda Kota Makassar, mengakibatkan beberapa titik Kota Daeng mengalami banjir hingga ketinggian 1,5 meter.

Sejak awal kejadian banjir hingga situasi kondusif, Tim Emergency Responce Aksi Cepat Tanggap (ACT) SulSel telah melakukan aksi kemanusiaan seperti evakuasi, layanan kesehatan gratis dan beberapa penyaluran bantuan di posko pengungsian.

Firman, Ketua Tim ER ACT Sulsel mengatakan, sejak hujan deras yang terus menerus mengguyur Kota Makassar, ia bersama timnya terus melakukan pemantauan dan mendapatkan laporan warga bahwa rumah mereka sudah tenggelam malam itu sehingga timnya langsung turun bersama dengan tim SAR melakukan Evakuasi.

“Ketika intensitas hujan deras terjadi semalam yang puncaknya pada hari Sabtu malam (19/12), kami terus melakukan pemantauan terkait kondisi terkini dan mendapat laporan warga perumnas Antang Kecamatan Manggala utamanya di blok 8,9 dan blok 10 bahwa kondisi rumah mereka terendam banjir setinggi paha orang dewasa,” ucap Firman, Kamis (23/12/20)

Merespon hal tersebut, lanjutnya, kami dan Tim ER ACT Sulsel segera menunrunkan perahu karet beserta 5 orang relawan langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Para warga terdampak langsung dibawa ke posko pengungsian sementara, yang bertempat di Pesantren DDI ABRAD , Mesjid Jabal Nur dan mesjid Al-Muttaqin.

Firman menambahkan sehari setelah melakukan evakuasi, tim medis ACT Sulsel yang tergabung dalam Humanity medical services langsung diterjunkan untuk melakukan layanan kesehatan di posko pengungsian.

“Tiidak menunggu lama, warga yang terdampak harus segera diperiksa oleh tim medis yang bergabung Humanity Services pasca diungsikan untuk memastikan kondisi mereka tidak mengalami gangguan kesehatan yang serius dan dapat segera ditangani lebih awal untuk meminimalisir resiko,” ungkapnya

Ada 6 (Enam) lokasi yang menjadi titik fokus Tim ER ACT Sulsel, diantaranya BTP blok AF Daya, Perumnas Antang blok 8,9 dan 10, Perdos Unhas Kel. Mloncongloe dan BTN Kodam 111 Daya.

“Tm juga melaporkan data warga yang menggungsi dintaranya, Perumnas antang blok 8 Al, ada 199 KK dan 774 jiwa diungsikan di mesjid Al-Muttaqin
Perumnas Antang blok 9, ada 56 KK dan 238 jiwa diungsikan di Pesantren DDI Al- Abrad. Sementara Perumnas Antang blok 10, ada 38 KK dan 170 jiwa diungsikan dimesjid Jabal Nur.
Serta Paccerakkang Daya 85 KK dan 148 jiwa diungsikan dimesjid A -rahman,’ papar Firman

(AH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed