Polsek Mamajang Gelar Jum’at Curhat, Warga Maricaya Sorot Parkiran Toko Bintang di Jalan Veteran Selatan

MAKASSAR, TapakNews — Kepolisian Sektor (Polsek) Mamajang Polrestabes Makassar menggelar Jum’at Curhat di salah satu warkop di Jl. Veteran Selatan, Kelurahan Maricaya Selatan Kecamatan Mamajang, Kota Makassar. Jumat (26/05/23).

Hadir dalam giat tersebut, Kapolsek Mamajang, Kompol Sulkarnain, SKM,. M.Adm. SDA beserta jajaran, Danramil 1408-06/Makassar Kapten ARH H. Jamaluddin, SE, dan FKPM Makassar.

Menurut Kapolsek Sulkarnain, kegiatan Jum’at Curhat adalah Inovasi yang di gagas oleh Kapolri Listyo Sigit untuk dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polda, Polres serta Polsek dengan tujuan untuk duduk bersama mendengarkan secara langsung keluhan dari warga tentang situasi Harkamtibmas yang terjadi selama ini di wilayah hukum masing-masing.

Selain itu, kegiatan Jum’at Gurhat kata Kapolsek sebagai wadah silaturahmi Polsek Mamajang dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan ketua RT/RW, yang berada di wilayah hukumnya.

“Kami dari Polsek Mamajang sengaja mengajak saudara-saudaraku hadir di tempat ini untuk duduk bersama, guna mendekatkan diri dengan masyarakat. Untuk mendengar aspirasi/masukan dari masyarakat tentang permasalahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Mamajang terkhusus di Kelurahan Maricaya Selatan,” tutur Kapolsek.

“Dan kami dari Polsek Mamajang siap menerima keluhan, aduan dan kritikan dari warga Mamajang terkhusus di Kelurahan Maricaya Selatan untuk kepentingan bersama agar tercipta rasa aman dan tentram ditengah masyarakat,” tambanya.

Kapolsek juga meminta peran serta warga yang hadir untuk bersama-sama menjaga anak-anaknya agar tidak terlibat dalam perkelahian kelompok, isap lem dan balapan liar.

“Kami harapkan peran serta warga Kecamatan Mamajang, agar keamanan dan ketertiban terkhusus di Kelurahan Maricaya selatan tetap menjaga tali silaturahmi yang kuat, kami pun siap melayani masyarakat 1×24 jam. Apabila ada kejadian maka segera hubungi call center Polsek Mamajang di 0852 5550 2010,” harap Kapolsek.

Baca Lainnya :  Dugaan Penipuan dan Penggelapan, Oknum Anggota DPRD Dilapor ke Polda Sulsel

Sementara itu, Danramil 1408-06/Mks, Kapten ARH H. Jamaluddin menyampaikan, bahwa: Jum’at Curhat ini bertujuan agar keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menciptakan situasi yang kondusif adalah tanggung jawab kita bersama.

“Pencegahan dini sangat penting untuk menjaga Harkamtibmas dan perlu dipetakan titik rawan gangguan Kamtibmas,” ujarnya.

Danramil juga mengatakan pola-pola deteksi dini bukan hanya dari TNI-Polri, namun ada juga dari kecamatan yang membidangi masalah tersebut.

“RT/RW proaktif untuk mendata warganya, jikalau ada warga yang masuk dari luar wajib bagi RT RW untuk meminta data warga tersebut,” pungkas Danramil.

Dalam giat Jumat Curhat Polsek Mamajang, warga Kelurahan Maricaya Selatan menyampaikan terimakasih dan harapan serta keluhannya.

“Kami warga Kelurahan Maricaya Selatan sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan Kapolsek dalam kegiatan Jum’at Curhat ini. Semoga wilayah hukum Polsek Mamajang tetap dalam keadaan aman dan kondusif terkhusus di Kelurahan Maricaya,” ucap warga.

Warga Maricaya Selatan berharap kepada Polsek Mamajang dan Bhabinkamtibmas tetap aktif dalam melaksanakan patroli atau pemantauan wilayah, khususnya tepat di lokasi parkiran didepan Toko Bintang tempat jual beli Aksesoris Handphone (HP).

Warga juga berharap agar Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) ikut serta berperan aktif.

“Jadi biang kemacetan terlihat di area parkiran kendaraan roda dua atau roda empat didepan Toko Bintang (Cabang Veteran Selatan). ini berada di badan jalan atau melanggar aturan perjalanan umum, bahkan kemacetan tersebut mengakibatkan antrian panjang kendaraan dari arah selatan Jl. Veteran menuju arah utara Jl. Veteran Kota Makassar,” ungkap warga.

Menanggapi keluhan dan harapan warga terkait masalah parkiran depan Toko Bintang (cabang veteran selatan), Kapolsek mengatakan akan berkoordinasi dengan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait, agar masyarakat memiliki rasa aman dan nyaman saat menggunakan jalan.

Baca Lainnya :  Jasa Raharja Gelar Kompetisi JR-Rovation, Total Hadiah Ratusan Juta Rupiah

(*/TN)