Pelatihan Pengelolaan Jurnal Online Dosen Fakes UPRI Makassar

MAKASSAR, TapakNews — Lembaga Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) Fakultas Kesehatan (Fakes) Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar, menggelar pelatihan penggunaan Open Journal System (OJS).

Gelaran dilaksanakan di Lakolin Cafe, Jl. Prof. Abdullrahman Basalamah, Kota Makassar. Sabtu, (05/08/2023).

Hadir dalam giat tersebut, Dekan Fakes UPRI, Erni Kadir, SKM., M. Adm.Kes, Narasumber/Pemateri, Haeril Amir, S.Kep., M.Kep, para wakil Dekan Fakes, Ketua UPM, Ketua GPM, Ketua Konversi, para Ketua dan Sekretaris Prodi, Tim UP2M, dan Tim Labkom.

Pada kesempatan ini, Dekan Fakes UPRi, Erni Kadir membuka langsung giat tersebut.

Dalam sambutanya, Erni mengatakan, ide kegiatan ini berasal dari beberapa faktor, salah satunya kebutuhan dosen dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Jurnal ilmiah yang akan dikembangkan memiliki peranan penting dalam penyebarluasan pengetahuan, pertukaran informasi, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.

Dimana, lanjut Erni, pengelolaan jurnal akan.  mempengaruhi integritas dan kredibilitas jurnal tersebut, serta institusi UPRI dengan meningkatnya jumlah penelitian dan publikasi ilmiah, terdapat kebutuhan yang lebih besar untuk memiliki pengelolaan jurnal yang terampil dan terlatih, untuk mengelola proses penyuntingan, peer review, dan penerbitan.

Sementara itu, hal senada dikatakan Ketua UP2M, Rusnita, SKM., MM, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan panduan kepada dosen, dan meningkatkan kapasitas dan kemampuan pengelola jurnal serta staf yang terlibat dalam proses pengelolaan jurnal ilmiah.

Baca Lainnya :  UPRI Makassar Terima SK Mendikbudristek Tentang Izin Pembukaan Prodi K3, Kepala L2dikti Wilayah IX: lni Kampus Pertama di Indonesia Timur